CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Translate

Monday 15 July 2013

Filsafat Pendidikan (1)

Aspek Filsafat Pendidikan
Ilmu pendidikan atau Paedagogik, adalah Ilmu yang membicarakan masalah-masalah pendidikan, secara umum menyeluruh dan abstrak Paedagogik selain mengandung jiwa ang teoritis juga praktis. untuk yang teoritis diutarakanlah hal-hal yang normatif, sedangkan yang praktis, menunjukkan bagaimana pendidikan itu harus dilaksanakan. paedogegik sebagai ilmu pokok dari pendidikan dan sesuai dengan jiwa dan isinya, agar dapat tegak berdiri memerlukan landasan filsafat atau setidaknya memilki hubungan dengan filsafat.
1. filsafat pendidikan sebagai sistem
 Filsafat pendidikan yang bersendikan pandangan filosofis menurut tokoh-tokoh tertentu mempunyai sistematika berdasarkan pemikiran tokoh-tokoh yang bersangkutan. Jika bersendikan aliran tertentu maka sistematika yang tersususun dapat mengikuti faktor-faktor pendidikan sesuai sistematika yang terkandung dalam Paedagogik. maka timbullah konsep-konsep mengenai beberapa faktor pendidikan meurut analisme, naturalisme, dan pramatisme.
2. pendidikan dan problemayang bersifat filosofis untuk dijawab dan diselesaikan dengan analisa filosofis.
untuk yang kedua pendidikan perludilihat sebagai proses, dan agar tinjauan dapat dinamis perlu dikembangkan kriterianya. aspek utama dari kriteria ini dapat dianalisa dan berkembangnya sendi ilmu pendidikan. atas dasar inilah dapat dikembangakan  konsep-konsep menurut filsafat pendidikan.
Aspek dan Proses Pendidikan Kecerdasan
Kecerdasan adalah istilah yang melukiskan kemampuan manusia untuk dan melihat problema dan melihat problema serta memecahkannyadengan sukses, merupakan kemampuan untk mempelajari dan menyesuaikan perilaku dengan lingkungan yang umumnya memiliki bermacam-macam aspek dan corak yang berbeda.
Dengan kecerdasan yang cukup, manusia mampu mengetahui hubngan faktor-faktor dan problema satu dan lainya. dengan kecerdasan manusia mampu memberikan sesuatu dengan benar dan tepat.
kecerdasan adalah potensi pembawaaan sejak dilahirkan, perkembangannya tergantung dari interaksi individu dengan lingkungan.

No comments:

Post a Comment