CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Translate

Friday 19 July 2013

Indonesia

Di negeri ini tersaji berbagai macam aneka kuliner, dari ala warteg sampai kuliner ala Eropa. Bahkan muncul makanan rasa perpaduan, chinese, Javanese, Ueropean, dsb. Di Negeri ini juga terdapat aneka ragam gaya hidup, gaya Jawa, Sunda, Batak, Amerika, Spanyol, Prancis, Arab, India, Afrika, dsb. Di negeri ini juga terdapat aneka macam agama dan kepercayaan dunia, Islam, Kristen, Hindu, Buddha, Konghucu, dsb. Bahkan ada yang memadukannya, dan lahirlah kepercayaan baru. Di negeri ini terdapat aneka macam jenis pemikiran manusia, yang liberal, pluralis, moderat, fundamentalis, dsb. Tidak ada negara seperti Indonesia. Awalnya, penduduk bangsa ini belajar dari negara-negara lain, dari makanan, pakaian, budaya, agama, pemikiran, dsb. Sekarang seharusnya negara-negara lain belajar ke Indonesia. Bagaimana caranya bertahan menjadi negara dengan aneka macam jenis penduduknya yg berbeda-beda.
Tentunnya, semua ada campur tangan Tuhan Sang Maha segala-galanya. Tidak mungkin tidak. Maka kuliner Indonesia suatu saat akan mendunia. Oreg warteg akan seenak pizza Itali. Budaya Indonesia akan mewabah, adat minang akan ditiru di Arab dan di Belanda. Kerukunan umat beragama di Indonesia akan menjadi percontohan negara-negara lain, seperti halnya kerukunan pada masa Nabi Muhammad ketika memimpin madinah. Dalam hal pemikiran, Indonesia akan melahirkan ulama-ulama dunia, yang dulu pernah dicontohkan oleh ulama Indonesia asal Banten, Syaikh Nawawi Al Bantani.
Semua itu tentunya tidak terjadi begitu saja. Prosesnya ratusan, bahkan mungkin ribuan tahun lagi. Syaratnya cuma satu, kita harus sabar dalam menjadi bagian perubahan itu.

No comments:

Post a Comment