CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Translate

Thursday 26 September 2013

Love Story 1

Bismillahirrahmaanirrahim..
Assalamu'alaykum,,
"Indahnya Cinta"
Alhamdulillah, pagi jum'at ini cerah banget, seperti biasa ditemani segelas teh susu hangat. diriku akan berbagi sedikit pengetahuan mengenai Cinta ya dear,,
cinta itu apa si? tidak ada rasa takjub yang lebih memukau daripada rasa takjub karena dicintai atau mencintai. menjelaskannya tidak mudah juga ya dear, ^_^.
Ulama besar Ibn Hazm yang wafat sekitar seribu tahun lalu, tepatnya 456H, dalam bukunya yang berjudul Thauq al Hamamah (Kalung Merpati) beliau menulis:
" Cinta itu awalnya permainan dan akhirnya kesungguhan. Ia tidak dapat dilukiskan, tetapi harus dialami agar diketahui. Agama tidak menolaknya dan syariatpun tidak melarangnya, karena hati ditangan Tuhan, Dia yang membolak-baliknya."
karena cinta tidak dapat dilukiskan maka sementara banyak pakar berpendapat bahwa: "keterangan tentang cinta bukanlah cinta". Banyak yang mencoba menjelaskan makna cinta dengan berbagai ungkapan atau bahasa moral, sosiologi, biologi, bahkan filsafat dan tasawuf. jadi akan banyak penjelasan  dari berbagai literatur nantinya. pusing nanti ya dear..^_^
Kita mau ngomongin masalah cinta. Cinta anak manusia berbeda-beda yaitu kepada lawan jenis, pasangan suami istri, sahabat, tunangan, kepada anak, orangtua, adik dan saudara lainnya. kekuatan dan masa berlakunya pun berbeda-beda pula. Cinta sejati antara manusia akan terjalin bila ada sifat - sifat yang di dambakan. Rasa inilah yang mendorong dan menguatkan kecenderungan itu. semakin banyak dan kuat kecenderungan itu, semakin terasa oleh masing-masing pihak, semakin kuat dan dalam pula jalinan hubungan mereka. "demikian kurang lebih uraian Ibn Qayyim Al Jauziyah yang hidup pada pertengahan abad 8H.
Dengan demikian, lahirnya cinta tidak cukup dengan hadirnya sifat yang disenangi kekasih pada diri pribadi  seseorang, tetapi kehadirannya harus disadari dan dirasakan oleh mitranya. Karena itu boleh jadi seseorang sangat cantik atau gagah, boleh jadi sangat baik dan jujur, yang merupakan sifat yang 
disenangi, tetapi bla itu tidak disadari dan dirasakan maka keistimewaan ini tidak mengundang cinta.
Tapi apakah cinta dan bagaimana ia diukur?
Saking banyaknya uraian yang berusaha menjelaskannya dear ... yang pasti kesemuanya itu belum cukup jelas untuk mengetahui hakikatnya. Hal ini agaknya disebabkan karen cinta tidak dapat dideteksi kecuali melalui gejala-gejala psikologis, misalkan sering diam sambil melamun gak taunya lagi mikirin doski, terus rasa senang dan bahagia kalau baru ketemu doski dan semacamnya ya dear.. sifat-sifat perilaku misalkan jadi ikut melakukan apa yang menjadi hobi doski seperti nonton bola, atau yang lainnya. dari segi kesehatan misalkan makan jadi gak nafsu kalau belum mendapat sms/ balesan dari pasangan,, ^_^, lebay banget ya dear..
yaa pada intinya cinta itu gabungan dari sekian banyak unsur yang tidak dapat dilihat oleh pandangan mata, bahkan kadang sulit dideteksi oleh perasaan. ^_^

Nahh nanti disambung lagi ya dear, kita kupas tuntas mengenai "Cinta" sebelum menjadi pengantin nampaknya sahabat semua yang masih jomblo perlu baca ini.

No comments:

Post a Comment