CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Translate

Tuesday 8 January 2013

Menjadi Kaya Dengan Uang Receh

Kalau diperhatikan, kehidupan makin hari makin banyak pengemis dan pengamen berkeliaran di jalanan, ada yang memang terpaksa menjalani profesi itu tapi kebanyakannya yang memang males kerja keras dan keenakan ngejalanin profesi itu.  Ada pepatah mengatakan jangan memberi pengemis ikan tapi berilah kail dan umpannya, soalnya kalo kita kasih umpannya sama saja kita membiarkan dia nyaman dengan menjadi seorang pengemis. Nah tapi ironisnya seringkali kita menjadikan pepatah di atas sebagai alasan pembenaran kepelitan kita buat gak ngasih sedekah ke mereka, tanpa ada usaha real buat ngasih mereka kail dan umpan.
Dilematis memang di satu sisi norma agama dan norma susila mengjarkan kita untuk banyak bersedekah, tapi di sisi lain uang yang kita beri ke mereka malah semakin menjerumuskan mereka menjadi pemalas dan peminta-minta. Biasanya kita kasih mereka duit receh 100-1000, yang mungkin buat sebagian kita gak ada artinya, toh cuman duit receh, tapi bayangin kalo pada hari yang sama 500 orang yang berpikiran sama dengan kita yang ngasih duit ke orang yang sama dengan rata-rata setiap orang ngasih Rp. 500, coba hitung 500x500=Rp 250.000,- , nah coba di kali 30 hari/sebulan = 7,5 juta. Wow jumlah yang sangat fantastic, ngalahin gaji seorang manajer di perusahaan Bandung, jadi sangat wajar kalo akhirnya mereka menjadi sangat nyaman dengan profesi mereka, dan itu semua kenyataan loh, seorang teman pernah mewawancara para pengemis untuk keperluan survey, dan rata-rata mereka yang di survey dalam sehari mereka mendapat penghasilan ratusan ribu perhari sampe mereka mampu beli tanah hektaran di kampungnya.
Boleh percaya atau tidak sebenernya duit receh yang seringkali kita anggap remeh atau sepele itu kalo kita kasih ke orang yang tepat dengan metode yang tepat bisa ngeluarin satu keluarga dari jerat kemiskinan dan bisa hidup cukup layak… kok bisa?! Gimana caranya?!
Pasti bisa dong, gini nih ceritanya : rata-rata hamper tiap hari kita dapet kembalian duit receh yang biasanya kita kaih ke pengemis sama pengamen, coba mulai sekarang kita kurangin tuh ngasih duit sama pengemis dan pengamen, kalau perlu kita stop aja sekalian, nah duit receh kembalian itu kita masukin celengan terus kumpulin sampai celengan penuh atau setahun. Coba kita beritung, kalo rata-rata kita nyelengin Rp. 1.000/hari terus kita nyelengin selama setahun tinggal kita kaliin aja 1.000x365 hari = Rp 365 ribu, nah duit segitu cukup kok buat modal awal jualan kue atau makanan misalnya, dan hasilnya bisa cukup buat ngehidupin sekeluarga dengan layak.
Gak percaya? Saya pernah ngebuktiin dengan nyoba jualan kue selama -/+ 2minggu, dengan hanya modal 200 ribu saat itu buat belanja perlengkapan kaya wadah kue, bungkus plastik sama beli kue ke produsennya, itu pun ternyata masih nyisa, tiap hari saya bisa dapet keuntungan Rp. 100.000 bahkan lebih. Nah kalo seandainya saya terus jualan kue itu, coba kita hitung misalnya saja saya jualan dalam sebulan itu 20 hari di hari kerja aja, sehari rata-rata keuntungan Rp. 100.000, maka dari modal awal kurang dari 200.000 saya bisa dapet penghasilan Rp. 2.000.000,-/bulan, jumlah yang jauh melebihi UMR, cukup kan buat ngehidupin satu keluarga buat bisa hidup layak.
Nah coba kalo duit receh yang kita kumpulin terus kita kasih ke keluarga, tetangga atau soodara yang kurng mampu, dengan syarat tuh duit dipake buat modal, atau kalo perlu kita bantu mereka buat nyari dan mulai usaha yang cocok dan mudah buat dijalanin sama mereka dengan jumlah duit receh yang berhasil kita tabung itu, maka duit receh yang tadinya biasa kita anggap remeh ternyata bisa bener-bener ngeluarin sekeluarga dari jerat kemiskinan kan.
Bayangin juga berapa banyak pahala yang ngalir ke kita tiap harinya, soalnya sama saja kita ngasih mereka makan setip hari, nyekolahin anak-anaknya, belum kalau mereka juga sedekah apalagi kalo sampai akhirnya mereka bisa pergi haji, wah berapa banyak tuh jumlah pahala yang bakalan terus ngalir ke rekening tabungan pahala kita? apalagi kalo tuh duit kita kelola, misalnya tuh duit gak kita kasih lepas tapi kita jadiin pinjaman modal tanpa bunga dengan cicilan lunak semampunya tiap hari, yah kalopun mereka mau ngasih lebih gak apa-apa seikhlasnya mereka, nah tuh duit pengembalian kita jadiin modal bergulir buat nolongin keluarga lainnya, belum ditambah duit receh yang kita kumpulin terus, wah bakal berapa banyak keluarga tuh yang bakalan bisa kita tolong? Gak mustahil juga kalo akhirnya kita bisa punya koperasi cuman dengan modal 365 ribu dari duit receh yang kita kumpulin setiap tahunnya
Ternyata sesuatu yang kecil dan sederhana bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Jadi jangan perneh sepelein sesuatu yang kecil dan sederhana, sebab sesuatu yang besar, hebat dan luar biasa itu berawal dari sesuatu yang kecil dan sederhana. Semoga kita mampu menjadi pribadi-pribadi yang sederhana dengan kesuksesan yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment